Cara Add User dan Group dan Hak Akses di Windows XP

Membuat User Pengguna, agar kita lebih aman dalam berkomputer. Nah dalam Windows dikenal ada 2 jenis user. User yang pertama yaitu Administrator dan yang kedua yaitu User/Guest. Nah jika kita masuk sebagai Administrator maka kita bisa leluasa mengutakj atik komputer kita, jika kita masuk sebagai user kita cuma bisa melihat isi data di komputer kita dan tidak bisa menginstall apa – apa. Nah sekarang saya akan memberikan caranya agar kita bisa membuatnya.

  • Masuk Start, lalu klik kanan My Computer.  Setelah itu akan muncul pilihan, Dan anda pilih dan klik Manage.
  • Dan akan muncul kotak yang berisi informasi seperti dibawah ini, Lalu anda pilih Local User And Groups. Lalu klik tulisan User pada root sebelah kiri
  • 3win

4win

  • Lalu klik kanan pada root yang ada informasi user, lalu klik New User. Dan muncul tampilan lagi, Nah disitu tulis nama sesuai keinginan anda, misalnya saya memberi namanya Admin1
  • Setelah itu isi password yang anda inginkan, jadi jika kita memberi password maka orang lain yang tidak tahu password kita, dia tidak akan bisa masuk ke komuputer kita. Lalu pada bagian bawahnya centang pilihan Password Never Expires.
  • Lalu klik Create. Sekarang kita akan mensetting bagaimana user yang kita buat tadi bisa masuk menjadi anggota Adminstartor. Klik 2 kali user yang telah kita buat tadi., setelah itu akan muncul tampilan seperti dibawah ini.
  • Nah informasi dari tabel diatas adalah mengetahui informasi yang telah kita buat, sekarang anda pilih pada Tab Member Of, lalu akan muncul kita sebagai anggota User, Nah sekarang anda pilih dan klik ADD.
  • Lalu anda Klik Menu pilihan Advance.
  • Nah akan muncul tampilan menu lagi, sekarang anda pilih dan klik Find Now.
  • Setelah anda pilih Find Now, akan mucul pilihan User dibawah Menu Find Now. Didalam Menu itu terdapat banyak user yang ada pada komputer anda, jika anda ingin membuat User sebagai Administrator, maka anda pilih Administrator, Administrator sendiri adalah yang mempunyai Hak penuh atas segala yang ada pada Windows kita, Jika anda pilih User maka akan dibatasi hak kita. Nah disini saya memberi Usernya adalah Administrator.
  • Lalu klik OK.

Mengatur Hak Akses

Untuk mengatur hak akses file atau folder yang di-share terhadap user atau group tertentu. Untuk melakukan hal ini, Anda harus terlebih dahulu me­ngu­bah standar konfigurasinya.


Untuk mengubah konfigurasinya, Anda dapat mengikuti langkah berikut ini: 

1. Masuk ke dalam window Control Panel lalu klik “Folder Options”. Selanjutnya, Windows XP akan menampilkan window Folder Options.

2. Pilih tab “View” lalu cari option “Use simple file sharing (Recommended) yang dapat Anda temukan di bawah area “Advanced set ting”.

3. Hilangkan tanda centang yang terdapat dalam boks option “Use simple file sharing”. Selanjutnya, Anda dapat menutup langkah ini dengan mengklik tombol “OK” dan “Apply”.

Selanjutnya, untuk menetapkan hak akses file atau folder yang di-share, Anda dapat mengaturnya dengan cara berikut: 

1. Jelajahi file atau folder yang telah di-share melalui Windows Explorer. 

2. Klik kanan file atau folder tersebut lalu pilih menu konteks “Properties”. 

3. Selanjutnya, melalui window yang ditampilkan, pilih tab “Security” dan di sana Anda dapat menentukan hak akses terhadap file atau folder yang telah di-share. Yang perlu diperhatikan, langkah ini hanya dapat dilakukan pada hard disk yang diformat menggunakan sistem NTFS dan Anda harus menjadi pemilik utama file atau folder yang di-share.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s